Mengajak Batita Sikat gigi


Semua orang pasti ingin memiliki gigi yang putih bersih dan sehat..  Gigi yang sehat mau makan apa aja bisa.. Bebas ngilu..bebas sakit gigi.  

Siapa yang pernah sakit gigi?  Saya dari usia sd sudah merasakan sakit gigi  rasanya luar biasa.. Bisa dibayangkan bagaimana kalau batita sudah mengalami sakit gigi.. Dalam keadaan sehat saja suka tantrum,apalagi yang sedang sakit gigi pasti serba salah.. Nanti merembet ke masalah makan,  nafsu makan menurun karena malas mengunyah. Asupan  yang kurang bikin daya tahan tubuh menurun,  sehingga batita mudah sakit.. 


Duo k sudah melewati masa-masa mulut mingkem ketika diberikan sikat gigi.. Sikat giginya diemut emut seperti makan permen lolipop juga pernah.. Pasta gigi habis dalam sehari juga iya,  habis dibuang buang,. sekarang duo k sudah senang sikat gigi..


Tips mengajak batita senang menyikat gigi ala emaknya duo k

Sounding
Duo k disounding saat mau tidur,  bangun tidur dan saat asyik bermain.

Bercerita tentang gigi
Ini salah satu buku favorit nya duo k.. Buku berjudul Gigiku sehat. Ditulis oleh  Korea Dental Health Association . Isinya super lengkap,  gambar nya pun menarik...  Duo k sudah hafal betul isi buku ini sampai sampai kalau mau sikat gigi bilang "bunda,  kakak sikat gigi ya biar bersih dan ga ada kuman".  






Sikat gigi lucu
Duo k,  senang sekali dengan sikat giginya..  Saya mengajak duo k memilih sendiri sikat giginya,  dan pilihan mereka jatuh pada sikat gigi dengan bentuk mobil.. Oh iya baiknya sikat gigi diganti setiap bulan ya..  Dan cuci bersih sikat gigi setelah dipakai




Dalam memilih sikat gigi,  saya sarankan memilih sikat gigi dengan bulu yang soft atau medium,   gunakan sikat gigi yang memang diperuntukkan untuk batita,  pastikan tidak ada bagian sikat gigi yang tajam,  agar saat batita memegang sikat gigi tidak terluka.  Selain itu pilih ukuran kepala sikat gigi yang kecil dan tumpul. Ada baiknya juga memilih sikat gigi yang peganganya tidak licin,  agar mudah dipegang oleh batita. Membiarkan batita memegang sikat giginya sendiri ini juga merupakan latihan kemandirian  dan motorik halus nya..

Pemilihan pasta gigi
Pemilihan pasta gigi menurut saya penting,  saya biasanya memakai pasta gigi p dengan rasa jeruk.. Suatu ketika saya mengganti dengan pasta gigi p rasa strawberry ternyata adik menolak untuk memakai pasta gigi,  mungkin rasanya aneh bagi adik.. Lain waktu dirumah kehabisan pasta gigi,  dan abinya duo k membeli pasta gigi dengan merek berbeda.. Hmmm ternyata duo k tidak suka sama sekali..


Sikat gigi bersama
Kami melakukan sikat gigi bersama,  duo k mengamati bagaimana cara saya sikat gigi, dan mereka mengikutinya.. 
Yel-yel sikat giginya duo k
"kiri kanan, kanan kiri, gosok gosok, putar putar,  atas bawah  "


Membuat rutinitas sikat gigi
Rutinitas  sikat gigi duo k dilakukan sewaktu bangun tidur pagi,  mau tidur malam,  dan saat mandi..




Bagaimana pertolongan pertama jika batita kita mengeluh sakit gigi?
Parasetamol selain untuk menurunkan panas,  bisa juga untuk menghilangkan nyeri.. Obat ini  bisa digunakan untuk batita. Pemberiannya disesuaikan dengan berat badan anak. Dan jangan lupa kunjungi dokter gigi untuk perawatan gigi lebih lanjut.


Comments

  1. Hi Mba oci. Soal gosok gigi ini memang selalu tricky ya. Setuju sama Mba Oci kudu sabar dan kreatif. Bintang juga masih mood2an gosok gigi. Biasanya kalau nyanyi "Bangun Pagi" baru deh semangat. Nah sekarang yng belum itu pastanya. Masih menolak, sensitif rasa soalnya.. Makasih mba sharingnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog